Selasa, 19 April 2011

PostHeaderIcon Cara MengCompress Video Menggunakan Windows Movie Maker


Tak perlu diragukan lagi, kemajuan teknologi membuat kita semakin mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dengan teknologi kita bisa berbagi kebahagian dengan orang lain dimana saja dia berada. Tidak ada batasan wilayah antara satu dengan yang lain.

Diantara manfaat yang dapat kita ambil dari teknologi, kita bisa berbagi video dengan orang lain melalui video online atau video streaming dengan memanfaatkan koneksi internet. Meskipun demikian, kita masih perlu untuk mengefektifkan video online kita dapat dilihat secara cepat dan mudah oleh yang lain. Salah satunya adalah dengan cara memperkecil file video yang akan kita sharing dengan yang lain supaya mempunyai kapasitas sekecil mungkin.

Tidak perlu mencari sebuah aplikasi pihak ketiga untuk meng-compress sebuah file video karena windows sendiri sudah menyediakan aplikasi yang berguna untuk meng-compress file video. Aplikasi tersebut adalah Windows Movie Maker, yang sudah disertakan pada windows XP maupun Windows Vista. Jika karena alasan tertentu pada komputer anda belum disertakan Windows Movie Maker, anda bisa men-downlodnya di official website Microsoft.

Pada tutorial kali ini, kami berikan contoh sebuah file yang akan di compress. File video dengan format AVI tersebut berkapasitas 61.8 MB.


Pertama, buka Windows Movie Maker. Klik Import Video pada panel bagian kiri.


Pilih video mana yang akan di compress dan di import ke Windows Movie Maker. Kemudian “Drag timeline” dari file video tersebut sesuai dengan keinginan anda.


Jika ingin menambahkan sesuatu seperti efek video, suara atau yang lain, lakukan dan buka imaginasi anda dengan video tersebut. Kemudian lanjutkan dengan klik menu File dan pilih Save Movie File.


Pilih dimana anda ingin menyimpan file hasil compress-an nantinya.


Ketika masuk pada pilihan Movie Setting, pilih Other Settings dan pilih Video for broadband (340 Kbps). Untuk pilihan ini, tentukan sesuai dengan kondisi kecepatan akses internet. Semakin kecil ukuran Kbps, maka semakin kecil juga hasil compress-an file yang akan tersimpan, tetapi tentunya akan mengurasi kualitas dari video tersebut.


Klik tombol Next untuk memulai meng-compress file video. Tunggu beberapa saat sampai proses compress file selesai.

Hasilnya, file video menjadi lebih kecil dan dapat anda upload ke YouTube atau layanan video online yang lain. Anda juga dapat menyertakannya dalam sebuah email dan mengirimkannya ke teman, rekan kerja atau keluarga anda yang kebetulan jauh dari tempat tinggal anda.


Kesimpulan :
Tidak perlu susah-susah mencari aplikasi yang dapat digunakan untuk meng-compress file video. Windows sudah menyediakan aplikasi yang bagus untuk meng-compress file. Meskipun bukan yang terbaik, aplikasi ini cukup powefull untuk mengedit file video yang anda miliki. 

SEMOGA BERMANFAAT_^


Baca juga artikel dengan topik yang sama berikut ini:


0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Desti Wulandari
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
* Mahasiswi Universitas Lampung * Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik * Jurusan Sosiologi'10
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
Chococat is a registered trademark of Sanrio Co., Ltd. ("Sanrio"), and the images are copyrighted by Sanrio.