Minggu, 10 April 2011

PostHeaderIcon Berhenti Bernafas Saat Terlelap Karena Kutukan Ondine


Liam Derbyshire menantang vonis dokternya yang mengatakan ia tak akan bertahan hingga usia 11 karena penyakit anehnya dimana dia berhenti bernafas setiap kali tertidur. Sekarang orangtuanya harus memakaikan alat pendukung pernafasan setiap malam untuk menjaganya tetap hidup.




Dia menderita sejenis kondisi langka yang disebut central hypoventilation, yang juga dikenal sebagai kutukan ondine, yang berarti dia berhenti bernafas setiap kali terlelap.

Keluarganya di Gosport, Hants, telah menghabiskan banyak biaya listrik untuk peralatan bantu pernafasan dan juga memasang lampu emergency jika terjadi mati listrik saat malam.

Liam bersekolah di sekolah khusus Heathfield di Fareham, Hants, dan harus dipasangi tabung tracheostomy pernafasan untuk seumur hidup di tenggorokannya.

Dia pun sedang pemulihan dari kanker yang ia derita saat masih kecil. Namun meski begitu, Liam menolak prediksi dokter.





Ibunya, Kim, 50, mengatakan, “Setiap hari dokter merasa kagum betapa sehatnya dia. Dia melampaui semua dugaan. Kami harus terus mengawasinya. Dia bisa sangat aktif dan kemudian detak jantungnya bisa jadi benar-benar turun."

"Dia sangat bersemangat, dia fantastis. Dia senang tersenyum dan tertawa. Dia sangat penuh kasih-sayang. Dia memiliki semua sifat kebanyakan anak-anak. Setiap hari dalam hidupnya merupakan bonus.”

dr. Gary Connet, yang merawat Liam di Southampton General Hospital, hants, mengatakan, "Ini benar-benar kondisi yang sangat langka. Liam adalah pasien pertama yang saya diagnosa dengan central hypoventilation saat saya datang ke RS ini 12 tahun lalu."

"Yang paling tidak biasa tentang Liam adalah dia memiliki kanker yang tumbuh di dalam dan ia memiliki masalah dengan usus besarnya. Saya tidak bisa menemukan laporan apapun tentang anak-anak yang memiliki semua masalah ini dan mampu bertahan hidup. Ini cukup mengagumkan. Saya akan mengatakan dia unik dalam skala dunia."

Kutukan Ondine merupakan referensi terhadap mitos Ondine, peri air yang memiliki kekasih yang tak setia. Ia bersumpah pada Ondine bahwa di setiap nafasnya saat bangun tidur adalah pernyataan cintanya, dan ketika dia menyeleweng, peri itu mengutuknya jika kekasihnya itu tidur, dia akan lupa untuk bernafas.

Liam mendapatkan perhatian 24 jam dan seseorang dibayar untuk mengawasinya di malam hari supaya orangtuanya bisa tidur.

Dia memiliki ventilator berbaterai jika dia tertidur di mobil atau pesawat. Dia harus memakan porsi besar makanan sehari-hari karena dia memiliki sistem pencernaan yang sangat kecil.

Keluarganya menghabiskan £700 per bulan untuk makanannya sendiri karena pola makan Liam yang tak biasa.

Sumber :

2 komentar:

Arie mengatakan...

wow... penyakit itu apa bisa dr faktor keturunan ?
apa yg menyebabkan penyakit itu ?? @_@

Desti Wulandari mengatakan...

sepertinya tidak,,
karena pnykit langka ini muncul cz trauma saraf yg sgt parah(kerusakan batang otak) bisa cz keclkaan/komplikasi bedah saraf maka it saat tidur jd sulit bernafas.

ini berhubungan dg cara tubuh mengatur pernafasan otak pd tingkat molekuler PHOX2B dapat dikaitkan dengan kondisi ini. gen homeobox penting untuk perkembangan normal sistem saraf otonom.

cz pentingny neuron dlm sistem saraf otonom, termasuk yang mendasari mendefinisikan gejala penyakit (penangkapan pernafasan), berasal dari tabung saraf (medula),

paru-paru namun menunjukkan respon gangguan untuk membangun-up karbon dioksida (hypercapnia) dan penurunan oksigen dalam sirkulasi (hipoksia), kedua rangsangan terkuat untuk meningkatkan kecepatan napas.

Polysomnography menunjukkan hipoventilasi yang paling ditandai selama tidur gelombang lambat. Dalam kasus yang paling parah, hipoventilasi hadir selama tahap nonrapid lain gerakan mata tidur dan bahkan terjaga. Sebuah subset dari penderita beresiko sangat tinggi untuk mengembangkan tumor ganas puncak saraf berasal, seperti neuroblastoma.

bisa jg penybabny adalah ia terkena kutukan ondine_^ (just kidding)

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Desti Wulandari
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
* Mahasiswi Universitas Lampung * Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik * Jurusan Sosiologi'10
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
Chococat is a registered trademark of Sanrio Co., Ltd. ("Sanrio"), and the images are copyrighted by Sanrio.