Kamis, 02 Februari 2012

PostHeaderIcon PEMASARAN


Pemasaran adalah:
v     Suatu proses dan manajeral yang membuat individu
     atau kelompok mendapatkan apa yang mereka
     butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
     menawarkan dan mempertukarkan produk yang
     bernilai kepada pihak lain.

v     Segala kegiatan yang menyangkut penyampaian
     produk atau jasa mulai dari produsen sampai
     konsumen.

PERANAN PEMASARAN
         Peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan menghasilkan laba.

SASARAN PEMASARAN
Ø  Menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai superior
Ø  Menetapkan harga menarik
Ø  Mendistribusikan produk dengan mudah
Ø  Mempromosikan secara efektif
Ø  Mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan


 DEFINISI MANAJEMEN PEMASARAN
Ø  Suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan, mengkoordinir serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif.


Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan menganalisis yaiitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.


Komponen Fungsi Pemasaran

  1. Perencanaan Pemasaran
ü  Penentuan segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan pemasaran
ü  meliputi : tujuan, strategi, kebijaksanaan serta taktik yang dijalankan.
ü  Tujuan :
Í Meniadakan ketidakpastian masa datang bila ada perubahan- perubahan karena situasi dan kondisi perusahaan maupun diluar perusahaan maupun diluar perusahaan tidak menentu.
Í Karena tujuan organisasi sudah difokuskan maka dengan perencanaan akan menghindari adanya penyimpangan tujuan.
Í Reancana walaupun mahal tetapi ekonomis karena segala kegiatan telah terfokuskan dengan segala biaya- biayanya.

 
  1. Implementasi Pemasaran
ü  Proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai sasaran.
ü  Implementasi yang sukses tergantung dari beberapa kegiatan kunci yaitu:
1.      Pengorganisasian kegiatan pemasaran
Ä  Proses menciptakan hubungan antara fungís personalia dan factor fisik (sarana), agar kegiatan pemasaran yang harus dilaksanakan bisa mancapai tujuan yang benar
Ä  Meliputi : pembagian kerja, wewenang, tanggung jawab dan pelaporan kerja.
2.      Pengarahan kegiatan pemasaran
Ä  Usaha yang berhubungan dengan segala sesuatu kegiatan pemasaran agar semuanya itu dapat dilakukan dengan baik
Ä  Meliputi: pemberian perintah secara baik, Motivasi, Kepemimpinan
3.      Pengkoordinasian kegiatan pemasaran
Ä  Usaha meng-sinkronkan dan menyatukan segala kegiatan pemasaran dalam organisasi agar tercapai tujuan yang efektif dan efesien
Ä  Meliputi: diadakan prosedur yang terang dan jelas dan ditentukan tanggal penyelesaian           
      
  1. Pengendalian / Evaluasi Kegiatan Pemasaran
ü  Usaha memberikan petunjuk pada para pelaksana agar mereka selalu bertindak sesuai dengan rencana, meliputi :
1.      Penentuan Standard
2.      Supervisi kegiatan atau pemeriksaan
3.      Perbandingan hasil dengan Standard
4.      Kegiatan mengkoreksi Standard

Kegiatan pengendalian / evaluasi diatas dapat dikelompokkan dua macam :
  1. Pengendalian operasional termasuk memeriksa kinerja yang sedang berlangsung terhadap rencana tahunan dan mengambil tindakan perbaikan kalau perlu.
  2. Pengendalian strategik meliputi pengamatan apakah strategi dasar perusahaan sesuai dengan peluang yang terbuka.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Desti Wulandari
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
* Mahasiswi Universitas Lampung * Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik * Jurusan Sosiologi'10
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
Chococat is a registered trademark of Sanrio Co., Ltd. ("Sanrio"), and the images are copyrighted by Sanrio.