Kamis, 03 November 2011

PostHeaderIcon Disiplin Hukum Empiris


Disiplin Hukum Empiris  

1.1   Sosioologi Hukum
Menurut soerjono soekanto adalah cabang ilmu pengetahuan yang secara empiris dan analisis mempelajari hubungan timbale balik antara hukum sebagai gejala social. Masyarakat tesiri dari kumpulan orang yang saling berinteraksi yang didasarkan pada kebutuhan dasar yang harus dipenuhi dan bersifat permanen. Kebutuhan ini akan membentuk hukum sebagai norma social, maka gejala akan membentuk hukum.

Hukum merupakan factor yang dipengaruhi oleh proses social sebagai varibel bebas. Penegakkan hukum merupakan variable yang mempengaruhi. Terjadi proses hubungan timbale balik antar proses social dimasyarakat dan hukum.

Karakteristik dalam sosiologi hukum, yaitu untuk memberikan penjelasan tehadap praktik hukum, keabsahan empiris dari pernyataan hukum, dan tidak melakukan penilaian terhadap hukum,tetapi memberikan penjelasan atas norma hukum dalam praktik dimasyarakat.


1.2   Antropologi Hukum
Tujuan untuk memahami dan menjelaskan gejala hukum dimasyarakat. Refleksi dari kebudayaan manusia merupakan perwujudan nilai budaya yang dipertgahankan. Memahami secara menyeluruh unsure kebudayaan manusia termasuk hukum.



1.3   psikhologis hukum
gejala kejiwaan berkenaan adanya konflik dan akibat terhadap norma hukum merupakan objek kajiannya. Hukum sebagai suatu perwujudan perkembangan jiwa manusia. Jiwa seseorang menunjukan kesesuaian dengan hukum.


1.4   Perbandingan Hukum
Memperbandingkan system hukum yang berlaku dalam masyarakat. Diginakan untuk keseragaman hukum. Hukum dapat membandingkan 2 sistem hukum yang berbeda disebut makro, secara mikro memperbandingkan lembaga hukum.


1.5   Sejarah Hukum
Mempelajari perkembangan dan asal usul system hukum dalam masyarakat. Hukum selalu berkembang. Mempelajari urutan waktu serta menginterprestasikan dan memberikan penilaian terhadap hukum masa lalu untuk diaktualisasikan dengan masa kini.hukum yang berlaku sekarang merupakan dasar untuk masa mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Desti Wulandari
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
* Mahasiswi Universitas Lampung * Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik * Jurusan Sosiologi'10
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
Chococat is a registered trademark of Sanrio Co., Ltd. ("Sanrio"), and the images are copyrighted by Sanrio.