Selasa, 15 November 2011

PostHeaderIcon Paper UTS Perubahan Sosial


Ujian Tengah Semester SM Ganjil
Perubahan Sosial

D
I
S
U
S
U
N


Oleh :


Desti Wulandari
NPM : 1016011091












FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
TAHUN 2011/2012








Kata Pengantar
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyelesaikan Ujian Tengah Semester Perubahan Sosial ini dengan baik. Paper ini dibuat untuk menggambarkan fenomena perubahan sosial dan menganalisa fenomena tersebut dengan menggunakan salah satu perspektif perubahan sosial. 
Fenomena sosial yang dipilih adalah tentang teknologi yang telah merubah pola interaksi manusia. Teknologi merupakan faktor penting dalam perubahan perspektif materialisme. Untuk itu, penyusunan  paper ini, diharapakan dapat bermanfaat bagi kita semua termasuk penulis.
Penulisan paper ini dapat terselenggara berkat sumber-sumber referensi mengenai teknologi, dan untuk itu penulis mengucapakan terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat.
 
Saya mohon maaf jika paper ini banyak kekurangan. Maka dari itu, saya mengharapkan agar para pembaca paper ini dapat memberikan saran serta kritiknya untuk perbaikan yang semestinya.



                                                                                                       Bandar Lampung, 14 November 2011


                                                                                                                             Desti Wulandari
                                                                                                                                            NPM:1016011091






Daftar Isi



Kata Pengantar ............................................................................
ii
Daftar Isi.......................................................................................



iii
PENDAHULUAN

 Latar Belakang Masalah.............................................................................................
1


PEMBAHASAN..............................................................................
     
2



PENUTUP

 Kesimpulan............................................................................................................


3
Daftar Referensi...........................................................................
iv





 
PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Dalam perspektif perubahan sosial kita mengetahui tentang perspektif perubahan materialistis. Perspektif materialisme merupakan perubahan sosial yang terjadi karena kondisi fisik yang dialami oleh manusia membuat manusia berfikir untuk menghadapi masalah yang diakibatkan oleh kondisi tersebut. Faktor penting dalam perubahan ini adalah teknologi.  
Teknologi meningkatkan alternatif manusia. Perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi telah membawa perubahan besar terhadap prilaku sosial masyarakat. Pesatnya perkembangan teknologi tidak hanya berdampak pada masyarakat yang dibatasi oleh batas-batas wilayah seperti negara, tapi jauh menembus batas regional bahkan global. Lahirnya penemuan-penemuan baru di bidang teknologi informasi membawa dampak yang sangat passif sebagai akibat dari pemanfaatan teknologi informasi. 
Pesatnya perkembangan teknologi informasi ini, telah mengubah pola sosial dan tatanan-tatanan sosial lama. Perubahan ini ditandai dengan berubahnya pola interaksi. Menurut Whisler dalam studinya, “komputer merupakan teknologi informasi yang mempengaruhi sejumlah perubahan struktural dalam organisasi. Pengaruh otomatisasi dalam pola interaksi adalah meningkatnya interaksi manusia dengan mesin dan berkurangnya frekuensi interaksi antar manusia”.  
Sedangkan Veblen menjelaskan “teknologi mempengaruhi pikiran dan prilaku manusia, prilaku manusia dibentuk oleh cara manusia memperoleh dan mempertahankan kehidupan. Yaitu dengan teknologi”. Perpektif Materialistis yang dikemukaan oleh Veblen cukup mewakili sebagai landasan teori fenomena kekinian mengenai perubahan sosial sebagai dampak revolusi teknologi informasi.
Ciri-ciri perubahan sosial sebagai akibat dari revolusi teknologi informasi ini, dirasakan sangat tidak terbatas tetapi dampaknya sangat menggelobal. Ini mengakibatkan berubahnya pola-pola interaksi yang tidak dibatasi lagi oleh jarak dan waktu. Internet dan Telepon genggam sebagai salah satu penemuan cemerlang dibidang teknologi informasi, telah merubah pola-pola sosial lama seperti pandanga dalam berinteraksi.

PEMBAHASAN
Contoh teknologi informasi yang saya ambil adalah Jejaring Sosial FaceBook.
Facebook – Merubah Pola Interaksi Manusia

Untuk memudahkan manusia berkomunikasi jarak jauh dikembangkanlah teknologi pertama yaitu telepon, kemudian pager, kemudian telepon seluler, maka datanglah internet dengan layanan pesan instan dan chatroom, dan sebelum semua ini ketika orang ingin berkomunikasi, ada berbicara percakapan dan huruf. Hari ini, kita memiliki FaceBook, dan ini salah satu situs jejaring sosial yang telah mengambil alih dunia seperti badai.
Meskipun secara teknis bukan situs jejaring sosial pertama diciptakan, banyak yang akan berpendapat bahwa ini adalah yang paling berguna dan adalah salah satu yang telah membuat dampak terbesar di masyarakat kita. Sepertinya segala sesuatu yang kita lakukan didasarkan pada FaceBook hari ini. Gambar, teman, hubungan, gosip, itu semua ada pada hubungan di FaceBook. 

Musisi meminta fans untuk add mereka di Facebook seperti juga penulis, kandidat politik, bisnis, dan apa saja . Situs ini diluncurkan pada bulan Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg enam tahun kemudian website meledak, menarik lebih dari 500 juta pengguna, mulai dari masyarakat biasa sampai kalangan selebriti, dan bahkan pemimpin politik dunia. 
Perubahan ini telah mempu merubah pola interaksi  kita, biasanya kita bangun tidur langsung kekamar mandi untuk buang air tapi sekarang setelah bangun tidur sibuk mencari handphone hanya untuk mengisi status, membaca komentar dan ngecheck FaceBook. Sebelum sarapan pagi tidak lupa untuk FBan, mau berangkat kekampus FBan, mau tidur FBan  begitulah sekarang gaya hidup kita karena perkembangan internet. Belum lagi dihari libur, kegiatan dilakukan di depan komputer untuk saling menyapa melalui FaceBook. Manusia slalu berinteraksi melalui teknologi. Jarang bertatap muka langsung karena dengan teknologi kita dapat berinteraksi dengan lancar walau jarak sebenarnya sulit dijangkau.
Terkadang karena asyiknya berinteraksi melalui FaceBook di internet, banyak hal yang terlupakan. Misalnya, bagi mahasiswa waktu untuk mengerjakan tugas sangat minim karena kebanyakan waktunya di habiskan untuk berinteraksi melalui FaceBook. Kemudian tanpa sadar biaya yang dikeluarkan jika dalam waktu yang lama akan sangat terlihat pemborosan dalam menggunakan internet.



PENUTUP
Kesimpulan
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan teknologi yang akan menimbulkan masalah baru sehingga menciptakan tekanan untuk berubah. Sehingga teknologi menuntut perhatian agar terus dipelajari. FaceBook media teknologi informasi yang bermanfaat membantu kita mengenal banyak teman dari berbagai negara tanpa harus bertemu langsung memudahkan hubungan interaksi tetapi, kita harus bisa membagi waktu. Jangan sampai kita menjadi ketergantungan olehnya.








Daftar Referensi

  Hauer Robert. Perspektif Tentang Perubahan Sosial. 1993. Jakarta : PT Rineta Cipta.





0 komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto Saya
Desti Wulandari
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
* Mahasiswi Universitas Lampung * Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik * Jurusan Sosiologi'10
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
Chococat is a registered trademark of Sanrio Co., Ltd. ("Sanrio"), and the images are copyrighted by Sanrio.